STIKes Bhamada Slawi Kerjasama dengan PKU Muhammadiyah Tegal Gelar Pelatihan Clinical Instructure (CI)

By: Humas AR

Foto Bersama Direktur RSI PKU Muhammadiyah Kabupaten Tegal dr. H. Achmad Sochibul Birri, M.Si.

Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, STIKes Bhakti Mandala Husada Slawi mengadakan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk Pelatihan Clinical Instructure (CI) di PKU Muhammadiyah Kabupaten Tegal (RS Singkil). Kegiatan tersebut merupakan hasil dari kerjasama antara STIKes Bhamada Slawi dengan RS Singkil yang merupakan titik temu agenda tahunan STIKes Bhamada Slawi dan juga kebutuhan RS Singkil itu sendiri. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan dan keahlian para perawat PKU Muhammadiyah Tegal khususnya dalam membimbing mahasiswa keperawatan yang sedang praktik. Seorang mahasiswa keperawatan harus menguasai pengetahuan dan juga ketrampilan di bidang pelayanan keperawatan, maka dari itu pembelajaran di lapangan praktik seperti Rumah Sakit harus ditempuh guna melengkapi kompetensi dalam kurikulum keperawatan. Pada saat melaksanakan praktik di Rumah Sakit, mahasiswa keperawatan juga akan mendapat bimbingan oleh perawat senior yang ditunjuk sebagai pembimbing klinik atau Clinical Intructure (CI). Dalam melakukan bimbingan, CI harus dibekali dengan materi-materi tentang konsep pembelajaran klinik, metode bimbingan, model evaluasi, dll sehingga proses praktik klinik mahasiswa dapat tercapai dengan baik dan sesuai tujuan.

Pelatihan ini diselenggarakan di Ruang Aula Multazam PKU Muhammadiyah Tegal selama 2 hari yaitu tanggal 17 – 18 Desember 2018 yang diikuti oleh 35 perawat dari PKU Muhammadiyah Tegal dengan melibatkan 11 Dosen dosen Prodi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners STIKes Bhamada Slawi. Pada hari pertama, pelatihan ini diisi dengan berbagai materi antara lain konsep Clinical Instructure, aplikasi dan prinsip kurikulum berbasis kompetensi, preseptorship, konsep lahan praktek, konsep pembelajaran klinik, dan evaluasi pembelajaran. Pada hari kedua, dilanjutkan dengan Role Play di ruang keperawatan yang telah ditentukan sehingga para peserta dapat langsung mengaplikasikan materi-materi yang telah didapatkan pada hari sebelumnya.

Pada saat penutupan pelatihan ini, Direktur RSI PKU Muhammadiyah Kabupaten Tegal, dr. H. Achmad Sochibul  Birri, M. Si., menyatakan rasa terima kasih kepada STIKes Bhamada Slawi serta berharap kepada para peserta dapat memanfaatkan pengetahuan dan ketrampilan yang didapat selama pelatihan sehingga kualitas pelayanan rumah sakit dapat lebih meningkat lagi. Selain itu, beliau juga menginginkan agar kerjasama antar instansi ini tetap terjaga dan melahirkan kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *