SOSIALISASI PELUANG KERJA BAGI CALON ALUMNI STIKes BHAMADA SLAWI

By: Humas AR

Peningkatan daya serap lulusan menjadi perhatian utama bagi institusi pendidikan kesehatan khususnya STIKes Bhakti Mandala Husada Slawi (STIKes Bhamada Slawi). Setiap tahun STIKes Bhamada Slawi terus mencetak tenaga kesehatan seperti perawat, bidan, sarjana farmasi dan ahli keselamatan dan kesehatan kerja (K3) untuk dapat bekerja di tempat-tempat yang strategis baik institusi dalam negeri maupun luar negeri. Sehubungan dengan hal tersebut, melalui unit kerja bagian layanan kerjasama dan humas, Arif Rakhman, MAN, mengadakan kegiatan Sosialisasi Peluang Kerja Tenaga Kesehatan di Institusi Nasional dan Internasional yang mendatangkan beberapa instansi yang memberikan peluang kerja bagi calon alumni dan alumni. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari jumat tanggal 12 Juli 2019 dengan dihadiri oleh perwakilan RS Pertamina Cirebon, PT. K24 Indonesia dan LPK Atta International Group Cirebon.

Dalam sambutannya, ketua STIKes Bhamada Slawi, Dr.Risnanto, M.Kes., menyampaikan bahwa tenaga kesehatan khususnya perawat dan bidan memiliki kesempatan karir yang sangat luas di luar negeri dimana salah satunya adalah di Negara Arab Saudi membutuhkan perawat sebanyak 4000 orang setiap tahunnya namun kuota tersebut tidak pernah tercukupi. Maka dari itu Bapak Dr. Risnanto, M.Kes terus memotivasi mahasiswa dan alumni untuk mengambil kesempatan tersebut sehingga perawa-perawat Indonesia tidak hanya berkeinginan bekerja di rumah sakit pemerintah saja namun bisa mengejar karir hingga ke luarnegeri. 

Dalam kegiatan ini, Bapak AchbiYahya, S. Kep., Ners., M.H.Kes. dari RS Pertamina Cirebon juga menyampaikan peluang kerja perawat di perusahaan pertamina mulai dari hulu ke hilir karena setiap titik perusahaan pertamina membutuhkan tenaga kesehatan guna melaksanakan program fit to work yang mana bertugas untuk menjaga kesehatan para pekerja di lingkungan perusahaan pertamina. Namun tenaga kesehatan yang ingin bekerja di sebuah perusahaan harus mengikuti pelatihan Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (Hiperkes) dan Keselamatan Kerja. Dengan begitu, beliau berharap perawat dari STIKes Bhamada Slawi dapat mengikuti pelatihan tersebut dan berkesempatan bekerja di perusahaan sehingga tidak bergantung dengan RS pemerintah maupun swasta.

Wakil dari PT. K24 Indonesia yang membawahi seluruh Apotek K24 di Indonesia pun hadir dalam kegiatan ini dimana Ibu DiahQur’inawati, S. Psi. menjelaskan tentang peluang kerja yang dapat diambil oleh lulusan sarjana farmasi dari STIKes Bhamada Slawi. Bagi para lulusan sarjana farmasi yang belum mengambil Program Apoteker dapat bergabung dengan Apotek K24sebagai Asisten Apoteker dimana Asisten Apoteker yang dibutuhkan saat ini sangat banyak terutama di wilayah Jawa Tengah. Karena urgensi dari kebutuhan tenaga Asisten Apoteker inilah diadakan wawancara langsung kepada calon alumni yang berminat untuk bekerja di Apotek K24 yang diikuti oleh 12 orang mahasiswa semester akhir dari Prodi S1 Farmasi yang harapannya setelah lulus nanti bisa langsung bekerja di Apotek K24.

Selain kesempatan kerja di dalam negeri  yang dapat diambil oleh calon alumni danalumni dari STIKes Bhamada Slawi, juga para perawat dan bidan dapat pula bekerja di luar negeri baik bekerja sebagai care giver maupun care provider diinstansi kesehatan dan kapal pesiar di Jepang. Informasi ini disampaikan oleh Ns.,Titi Sri Suyanti, M.Kep.,Sp.Kep.J. dari LPK Atta International Group Cirebon.Sebelum ditempatkan di Jepang, para perawat dan bidan akan diberikan pelatihanbahasa jepang terlebih dahulu selama 8 bulan dimana biaya pelatihannyaditanggung langsung oleh para pengguna tenaga kesehatan dari Negara Jepang.Pelatihan tersebut akan diselenggaran di Bali mulai bulan September.Kegiatan ini dilaksanakandalam rangka menyediakan berbagai peluang kerja bagi lulusan STIKes BhamadaSlawi tanpa terkecuali sehingga alumni dapat menjadi tenaga kerjaprofessional  di bidang kesehatan yangdibutuhkan oleh instansi-instansi dalam negeri dan luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *