Ita Nur Itsna, S.Kep., Ns., MAN.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Selamat datang di website resmi Program Studi Keperawatan STIKes Bhakti Mandala Husada Slawi.

Program Studi DIII Keperawatan STIKes Bhakti Mandala Husada Slawi didirikan dalam rangka pemenuhan terhadap kebutuhan perawat yang profesional yang cerdas, caring, terampil dan tanggap darurat pada tahun 2024.

Yayasan Pendidikan Tri Sanja Husada sebagai  badan penyelenggara Stikes Bhamada Slawi berdiri pada tanggal 5 April 1995 berdasarkan Akta Notaris Nomor : 01.10.12.YS/1995 diawali dengan pendirian Akademi Keperawatan Bhakti Mandala Husada (Akper Bhamada) tahun 1996 selanjutnya Akademi Kebidanan Bhakti Mandala Husada (Akbid Bhamada) pada tahun 2002, maka sesuai dengan tujuan pendiriannya dan cita-cita luhur semula Akper dan Akbid Bhamada digabung menjadi Sekolah Tinggi Bhakti Mandala Husada yang selanjutnya menjadi STIKes Bhamada Slawi pada tahun 2005. Saat ini Stikes Bhamada Terakreditasi APT B pada tahun 2018 dan Prodi DIII Keperawatan mendapatkan Akreditasi B pada tahun 2016.

Kekhususan program studi mengacu pada peningkatan pengetahuan dan penguasaan pada kompetensi di bidang kegawatdaruratan baik kejadian kecelakaan lalu lintas, kegawatdaruratan di berbagai aspek kehidupan dan juga managemen penanganan bencana. Potensi adanya bencana juga dapat terjadi di wilayah Tegal dan sekitarnya diantaranya bencana banjir, tanah longsor dan dampak letusan gunung berapi (Gunung Slamet) yang dapat terjadi kapan dan dimana saja. Penguasaan pengetahuan dan keterampilan kegawatdaruratan merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki perawat baik di lingkup rumah sakit, puskesmas, klinik ataupun di masyarakat secara luas. Untuk pencapaian tersebut, STIKes telah memiliki sarana prasarana pendukung seperti laboratorium kegawatdaruratan dengan setting ruang IGD dan ICU yang dilengkapi dengan peralatan medis yang mendukung. Kurikulum juga disesuaikan dengan penambahan SKS terkait teori dan praktik kegawatdaruratan serta pengembangan kerjasama kemitraan untuk menunjang pencapaian kompetensi.

Selamat mengenal lebih dekat dengan kami, Program Studi DIII Keperawatan STIKes Bhakti Mandala Husada Slawi.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Ketua Program Studi DIII Keperawatan

Ita Nur Itsna, S. Kep, Ns, MAN